Beberapa Fakta Perihal Pencahayaan Dalam Fotografi

Beberapa Fakta Perihal Pencahayaan Dalam Fotografi - Hallo sahabat harga kamera di bawah 2 juta , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Beberapa Fakta Perihal Pencahayaan Dalam Fotografi, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Setting Kamera, Artikel Tips Fotografi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Beberapa Fakta Perihal Pencahayaan Dalam Fotografi
link : Beberapa Fakta Perihal Pencahayaan Dalam Fotografi

Baca juga


Beberapa Fakta Perihal Pencahayaan Dalam Fotografi


Sumber cahaya dan fotografi merupakan 2 hal yang sangat berkaitan. Untuk sanggup mendapat foto yang maksimal, pastikan anda mengetahui beberapa hal perihal pencahayaan. 



Makin luas permukaan sumber cahaya makin lembut pencahayaan yang dihasilkan
Ketika anda memakai sumber cahaya dengan permukaan yang sempit, maka cahaya yang dihasilkan akan semakin kuat. Semakin berpengaruh sumber cahaya maka makin besar kemungkinan munculnya bayangan. Sebaliknya, kalau sumber cahaya anda mempunyai penampang yang luas maka hasil cahaya yang dihasilkan lebih lembut. Makin lembut hasil cahayanya, maka kemungkinan munculnya bayangan main kecil, mengurangi kontras warna dan menekan tekstur yang dihasilkan pada gambar. 

Pengaruh jarak cahaya dengan objek
Satu hal lain yang perlu anda ketahui mengenai pencahayaan dan hubungannya dengan fotografi yakni mengenai jarak sumber cahaya dengan objek. Makin erat sumber cahaya dengan objek maka makin berpengaruh cahaya yang akan diterima oleh objek. Hal ini juga berlaku sebaliknya. 

Gunakan reflektor
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sumber cahaya yang terlalu sempit akan menghasilkan cahaya yang terlalu berpengaruh untuk objek. Untuk mengakalinya anda sanggup memakai reflektor yang akan memancarkan cahaya ke objek. Gunakan reflektor yang lebar sehingga cahaya sanggup terdifusi dan terpantul dengan lebih baik ke objek. Jika anda memakai reflektor cahaya yang dihasilkan untuk objek akan lebih lembut sehingga hasil jepret anda lebih memuaskan. Reflektor juga sanggup dipakai kalau anda ingin mendapat pencahayaan pada 2 sisi tapi hanya mempunyai 2 sumber cahaya saja. Makin berkilau reflektor makin berpengaruh pantulan cahaya yang dihasilkannya. Jika anda ingin cahaya refleksi yang lebih lembut, gunakan reflektor berwarna putih. 

Eksperimen dengan backlight
Selain pencahayaan dari depan, anda juga sanggup memakai pencahayaan dari belakang. Pencahayaan dari belakang akan membantu anda mendapat siluet dari objek. Jika anda memakai backlight dan juga front light, anda sanggup mendapat gambar yang terperinci dan fokus pada objek anda. Tapi kalau anda tidak memakai pencahayaan dari depan maka anda akan mendapat gambar siluet yang mengagumkan. 

Cahaya mempunyai warna meski terlihat “putih”

Satu hal yang perlu anda ingat mengenai pencahayaan, yaitu sebuah cahaya mempunyai warna meski terlihat putih. Hal ini disebut dengan temperatur warna. Contohnya, pada pagi hari dan sore hari cahaya terlihat lebih kuning atau orange merupakan temperatur warna hangat sedangkan dikala anda berada di tengah hari cahaya putih akan terlihat lebih biru. 

Sebetulnya tidak ada benar dan salah dalam mengatur pencahayaan. Semua pengaturan mengenai pencahayaan ditentukan menurut dengan hasil gambar yang anda inginkan. Jika anda ingin menghasilkan gambar dengan bayangan yang kental memakai cahaya yang dengan jarak yang jauh. Anda sanggup mencari tips dan trik pengaturan cahaya kalau anda menginginkan hasil tertentu.




Demikianlah Artikel Beberapa Fakta Perihal Pencahayaan Dalam Fotografi

Sekianlah artikel Beberapa Fakta Perihal Pencahayaan Dalam Fotografi kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Beberapa Fakta Perihal Pencahayaan Dalam Fotografi dengan alamat link https://hargakameradibawah2juta.blogspot.com/2011/03/beberapa-fakta-perihal-pencahayaan.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel