Fotografi : Mengenai Aperture Yang Harus Di Ketahui

Fotografi : Mengenai Aperture Yang Harus Di Ketahui - Hallo sahabat harga kamera di bawah 2 juta , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Fotografi : Mengenai Aperture Yang Harus Di Ketahui, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Setting Kamera, Artikel Tips Fotografi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Fotografi : Mengenai Aperture Yang Harus Di Ketahui
link : Fotografi : Mengenai Aperture Yang Harus Di Ketahui

Baca juga


Fotografi : Mengenai Aperture Yang Harus Di Ketahui


Satu lagi hal esensial mengenai fotografi yang perlu anda kenali, dia ialah aperture. Apa itu aperture, apa fungsinya dan bagaimana menggunakannya? Berikut ulasannya.


Apa itu aperture?

Aperture ialah potongan dari kamera yang dipakai untuk mengatur besar kecilnya cahaya yang masuk dan dipakai untuk kamera. Aperture akan memilih besar kecilnya pembukaan lensa sebab sehingga akan menghipnotis banyaknya cahaya yang masuk. Nilai aperture dimulai dari f/2.8, f/4 dan seterusnya.
Nilai dari aperture yang makin kecil artinya makin besar pembukaan lensa yang dilakukannya. Salah satu yang sering kali menciptakan orang galau ialah besar kecilnya nilai aperture. Dalam ukuran aperture, makin besar angka pembaginya artinya makin kecil nilai aperturenya. Misalnya f/2 dengan f/22, nilai f/2 mungkin terlihat lebih kecil dibandingkan dengan f/22 tapi bekerjsama nilai ini lebih besar di lihat dari pembukaannya. Aperture f/2 akan membiarkan cahaya lebih besar masuk dibandingkan dengan f/22. 

Hubungan DOF dengan aperture

Sesungguhnya tujuan dari penggunaan aperture ialah untuk mengatur DOF dari sebuah jepretan yang anda lakukan. Apa itu DOF? DOF ialah abreviasi dari Depth of Field. DOF merupakan sebuah definisi dari lebarnya fokus yang akan anda ambil pada kamera anda. Makin besar DOF maka makin besar fokus yang akan anda ambil di kamera anda. Makin kecil DOF maka anda makin menyempitkan area fokus anda. Hasilnya akan ada bagian-bagian yang blur untuk gambar anda. Jika anda gemar memotret dengan latar belakang blur, maka anda perlu berguru lebih dalam mengenai DOF dan juga aperture. 

Lalu apa hubungan aperture dengan DOF? Hubungannya ialah makin besar aperture maka makin kecil DOF yang anda miliki pada hasil jepretan anda. Ketika anda mengatur kamera anda dengan aperture yang tinggi maka makin kecil area fokus yang akan dihasilkan sehingga menciptakan makin besar area blur pada frame jepretan anda.

Bagaimana penggunaannya?

Sebetulnya meski sudah dijelaskan masih banyak orang yang kebingungan mengenai besar kecilnya nilai aperture. Tapi bila anda eksklusif mencobanya anda akan akan lebih terbiasa dengan konsep besar kecilnya nilai aperture dan hasilnya. Sekarang pertanyaannya kapan anda harus memakai aperture yang tinggi dan aperture yang rendah?

·  Menggunakan aperture tinggi

Aperture tinggi artinya makin rendah DOF dan makin rendah nilai DOF maka fokus makin sempit sehingga area blur makin luas. Jenis penggunaan aperture tinggi ini akan sangat cocok bila anda gemar mengambil objek foto berupa benda atau ingin memfokuskan pada satu hal. Sangat cocok untuk anda yang hobi mengambil gambar dengan style makro.
·  Menggunakan aperture rendah

Nilai aperture yang rendah artinya nlai DOF-nya tinggi dan fokus makin luas. Jenis aperture ini akan sangat cocok bila anda gemar mengambil gambar landscape. Pemandangan atau sedang traveling? Jenis aperture ini akan sangat cocok untuk mengabadikan perjalanan anda.


Demikianlah Artikel Fotografi : Mengenai Aperture Yang Harus Di Ketahui

Sekianlah artikel Fotografi : Mengenai Aperture Yang Harus Di Ketahui kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Fotografi : Mengenai Aperture Yang Harus Di Ketahui dengan alamat link https://hargakameradibawah2juta.blogspot.com/2011/03/fotografi-mengenai-aperture-yang-harus.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel